Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat (acne vulgaris) adalah benjolan kecil pada kulit yang timbul akibat penyumbatan pori-pori atau peradangan pada kulit yang disertai dengan nanah.
Jerawat pada umumnya terjadi disekitar wajah, namun pada beberapa kasus, jerawat juga terjadi dibagian lain seperti punggung, leher, atau dada.

Faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat diantaranya:
- Infeksi akibat bakteri.
- Kulit berminyak.
- Ketidakseimbangan hormon.
- Keringat.
- Pola makan yang tidak sehat.

(Foto/Ilustrasi: hellosehat.com)

Berikut adalah beberapa resep yang dapat anda lakukan untuk mengatasi jerawat secara alami:
Resep 1
 - Lemon
Sediakan lemon segar, potong dan peras. Oleskan air perasan lemon tersebut pada area kulit yang berjerawat, setelah itu diamkan selama sekitar 10-15 menit. Basuh dengan air bersih.

Resep 2
- Tomat
Sediakan tomat matang yang berwarna kemerahan. Potong tomat tersebut tipis-tipis kemudian tempelkan area kulit yang berjerawat. Biarkan selama 10-15 menit. Lakukan hal itu secara rutin sampai jerawat benar-benar hilang.

Resep 3
- Lidah buaya
Sediakan lidah buaya segar. Potong lidah buaya menjadi 2 bagian. Kupas kulitnya dan ambil dagingnya yang berlendir. Kemudian oleskankan daging lidah buaya yang berlendir tersebut pada area kulit yang berjerawat. Diamkan 5-10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Resep 4
- Ketimun
Sediakan ketimun segar. Potong ketimun tersebut tipis-tipis kemudian tempelkan pada area kulit yang berjerawat. Biarkan selama 10-15 menit. Lakukan hal itu secara rutin sampai jerawat benar-benar hilang.

Resep 5
- Pepaya
Ambil pepaya matang sekucupnya. Bersihkan dari kulit dan bijinya lalu potong menjadi beberapa bagian. Haluskan pepaya hingga menjadi bubur. Oleskan pada area kulit yang berjerawat. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Resep 6
- Bawang putih
Ambil 2-3 siung bawang putih. Haluskan bawang putih. Oleskan pada area kulit yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Resep 7
- Madu
Siapkan madu 1 sendok makan. Kemudian oleskan madu tersebut pada area kulit yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit. Setelah mengering, bilas dengan air bersih.

0 Komentar ke "Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami"

Post a Comment